A.PENGERTIAN
Dalam arti yang luas, Sistem
Informasi Pemasaran adalah kegiatan peseorangan dan organisasi yang memudahkan
dan mempercepat hubungan pertukaran yang memuaskan dalam lingkungan yang
dinamis melalui penciptaan pendistribusian promosi dan penentuan harga barang
jasa dan gagasan. Sistem informasi pemasaran selalu digunakan oleh bagian
pemasaran dalam sebuah perusahaan untuk memasarkan produk-produk perusahaan
tersebut.
Unsur-unsur Pemasaran:
- Produk
- Tempat
- Promosi
- Harga produk
B.
STRATEGI PEMASARAN
dengan 4P yaitu:
1.
Produk
apa yang dibeli pelanggan untuk memuaskan kebutuhannya
2.
Promosi
berhubungan dengan semua cara yang mendorong penjualan
3.
Place
berhubungan dengan cara mendistribusikan produk secara fisik kepada pelanggan
melalui slauran distribusi
4.
Price
terdiri dari semua element yang berhubungan dengan apa yang dibayar oleh
pelanggan
Komponen Sistem Informasi pemasaran
Sistem informasi pemasaran mempunyai komponen yang sama dengan sistem informasi secara umum, yaitu:
1. Komponen
Input Pemasaran
Sistem
informasi pemasaran mengumpulkan data yang menjelaskan transaksi pemasaran
perusahaan. Subsistem intelejen pemasaran mengumpulkan informasi dari
lingkungan perusahaan yang berkaitan dengan operasi pemasaran. Subsistem
peneliti pemasaran menlakukan penelitian khusus mengenai operasi pemasaran.
2. Komponen
Model Pemasaran
Model
digunakan untuk menghasilkan informasi yang relevan yang sesuai dengan
kebutuhan pemakai sistemnya. Model merupakan cetakan yang merubah bentuk input
menjadi output. Model di sistem informasi pemasaran banyak digunakan untuk
menghasilkan laporan keperluan anggaran operasi, strategi penentuan harga
produk, evaluasi produk baru, pemilihan lokasi fasilitas, evaluasi penghapusan
produk lama,penunjukan salesman, penentuan rute pengiriman yang paling optimal,
pemilihan media iklan yang paling efektif dan untuk persetujuan kredit.
3. Komponen
Basis Data Pemasaran
Data
yang digunakan oleh Subsistem out put berasal dari data base. Beberapa data
dalam data base adalah unik bagi fungsi pemasaran, tapi banyak yang berbagi
dengan area fungsional lain.
4. Komponen
Output Pemasaran
Tiap
Subsistem out put menyediakan informasi tentang Subsistem itu sebagai bagian
dari bauran Subsistem produk menyediakan informasi tentang produk perusahaan.
Subsistem promosi menyediakan informasi tentang kegiatan periklana perusahaan
dan penjualan langsung. Subsistem harga membantu manajer untuk membuat
keputusan harga.
Subsistem Sistem Informasi
Pemasaran
1. Subsistem Pemrosesan Data
Manager
pemasaran menggunakan penelitian pemasaran untuk mengumpulkan berbagai
informasi. Informasi yang dikumpulkan terbagi menjadi 2 yaitu:
Data Primer dan data sekunder
Penelitian pemasaran digunakan untuk mengumpulkan
data primer melalui beberapa teknik penelitian yaitu :
·
Survei,
Survei adalah salah satu teknik penelitian pemsaran yang menanyakan
sejumlah orang dengan pertanyaan yang sama.
·
Wawancara
mendalam,
Wawancara mendalam tidak berbeda jauh dengan survey
namun waktu yang digunakan wawancara lebih panjang dan lebih berpusat kepada
apa yang akan konsumen lakukan.
·
Pengamatan,
Pengamatan merupakan teknik penelitian yang sangat
detail karena peneliti mencatat nomor plat mobil atau motor dari parkiran
perbelanjaan dan terkadang peneliti pun memperhatikan sampah orang untuk
mempelajari produk apa yang sering di konsumsi oleh konsumen.
·
Pengujian
Terkendali
Pengujian terkendali mencari suatu subyek dalam percobaan yang dirancang
untuk mengukur dampak dari suatu perlakuan tertentu.
2. Subsistem riset pemasaran
Penelitian pemasaran
digunakan untuk mengumpulkan data sekunder melalui beberapa teknik penelitian :
·
Mailing Lists,
Daftar alamat surat yang
tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk pita magnetic, disket, dan kartu
indeks.
·
Direct Mail
Suatu daftar yang
memungkinkan perusahaan membuat sebuah kontrak dengan pasar sangat terpilih,
biasanya dengan surat langsung.
3. Subsistem inteligensi pemasaran
Pemasaran
memiliki tanggung jawab utama pada para pelanggan dan pesaing. Sistem informasi
akuntansi mengumpulkan seluruh data pelanggan dan subsistem intelejensi
pemasaran mengumpulkan seluruh data pesaing.
4. Subsistem
Produk
Subsistem produk berguna untuk membuat
rencana produk baru.
a.
Siklus hidup produk
Tugas
manajer pemasaran adalah mengembangkan strategi dan taktik untuk tiap unsur
dalam bauran pemasaraan dan kemudian mengintegrasikan menjadi suatu rencana
pemasaran yang menyeluruh. Suatu kerangka kerja yang disebut siklus hidup
produk mengarahkan manajer dalam membuat keputusan-keputusan ini seperti arti
namanya siklus hidup produk.
b.
Model evaluasi produk baru
Keputusan
untuk mengembangkan produk baru harus dipertimbangkan secara matang dan dengan
dasar keuangan yang baik dan dibuat oleh eksekutif. Perusahaan yang
memperkenalkan banyak produk baru mengembangkan suatu prosedur formal yang
mempertimbangkan faktor-faktor seperti potensi tingkat keuntungan dan efisiensi
penggunaan sumber daya.
5. Subsistem
Tempat
Pengambilan
keputusan terhadap penentuan tempat yang sesuai dengan pelemparan produk yg
dihasilkan sangat menentukan tingkat penjualan produk. Untuk itu, posisi
subsistem ini sangat vital dalam keberadaanya.
6. Subsistem
Promosi
Subsistem
promosi berfungsi untuk melakukan analisis terhadap promosi yg dilakukan untuk
meningkatkan penjualan.
7. Subsistem
Harga
Subsistem
harga berfungsi untuk membantu menetapkan harga terhadap produk yg dihasilkan.
a.
Penetuan harga berdasarkan biaya
Beberapa
poerusahaan menggunakan penentuan harga berdasarkan biaya dengan menentukan
biaya-biaya mereka dan menambahkan markup yang diinginkan. Jika perusahaan
memilki SIA yang baik, tersedia data biaya yang akurat mambuat tugas Subsistem
harga menjadi mudah untuk mendukung penentuan harga berdasarkan biaya.
b.
Penentuan harga berdasarkan permintaan
Kebijakan
harga yang kurang berhati-hati adalah penentuan harga berdasrakan permintaan
yang menetapkan harga sesuai dengan nilai yang ditempatkan oleh konsumen
terhadap produk.
Evolusi Konsep Sistem Informasi Pemasaran
Pada
tahun 1966 profesor Philip kotler dari Northwestern university menggunakan istilah pusat syaraf pemasaran
(marketing nerve center). Ia mengidentifikasikan tiga jenis informasi pemasaran
:
v Intelijen pemasaran (marketing
intelligence) informasi yang mengalir keperusahaan dari lingkungan.
v Informasi pemasaran intern (internal
marketing information) informasi yang dikumpulkan dalam peruasahaan.
v Komunikasi pemasaran (marketing
Communication) informasi yang mengalir keluar kelingkungan.
Referensi:
No comments:
Post a Comment